Header Ads

home ads

Saat Liburan Harus Bekerja, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Tidak terasa saat ini telah ada di ujung tahun, artinya sebentar lagi liburan akhir tahun akan segera tiba. Tentu banyak orang jauh-jauh hari telah merencanakan acara untuk mengisi liburan tersebut dengan keluarga atau kerabat dekat lainnya. Bagaimana dengan Anda?

Dari sekian banyak orang, tak mustahil ada salah seorang dari Anda yang tidak bisa liburan di akhir tahun kali ini karena ada sesuatu yang lebih penting dari pada liburan. Pekerjaan kantor misalnya, justru diakhir tahun ini harus mengejar target penyelesaiannya, maka mau tidak mau urusan liburan harus dilupakan dulu. 




Nah, kalau ini sampai terjadi, Anda harus bisa lapang dada menerimanya. Ini artinya Anda tidak beruntung liburan akhir tahun ini karena mesti terjebak dengan pekerjaan. Tak bisa dipungkiri, Anda pasti sedih ketika harus terjebak dengan pekerjaan, sementara keluarga, kerabat dekat atau teman Anda menikmati liburan dengan santainya.

Apa yang bisa Anda lakukan menghadapi kenyataan demikian?

Anda tentu harus menyadari bahwa pekerjaan menjadi salah satu prioritas utama dalam hidup Anda. Dengan demikian tak mungkin akan terkalahkan oleh hal-hal yang menjadi prioritas di bawahnya, misalnya sekedar liburan. Toh liburan masih bisa diganti saat yang lain dan bukan momen yang terjadi sekali atau langka kan?

Bagaimanapun pekerjaan tak boleh terganggu oleh sekedar liburan, Anda tentu menghendaki pekerjaan Anda bisa beres. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan menyelesaikan pekerjaan selama liburan :

1. Mentukan prioritas pekerjaan

Bekerja sebagai karyawan kantor apalagi sebuah perusahaan, bekerja saat liburan sudah menjadi hal yang biasa. Jika hal ini menimpa Anda, tak ada salahnya Anda tanyakan pada atasan apa prioritas pekerjaan atau bisnis saat liburan tersebut. Kalau sudah mengetahui, buatlah jadwal dan rencana yang matang sehingga banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan sesegera mungkin. Atur jam kerja bersama teman Anda yang lain dengan kesepakatan atasan, sehingga jika mungkin Anda tidak perlu bekerja sehari penuh, namun bisa bergantian dengan teman yang lain.

2. Membuat alternatif

Jika memungkinkan Anda bisa menanyakan pada atasan, apakah bisa membagi pekerjaan dengan teman lain secara shift atau mengerjakan pekerjaan di rumah agar lebih mudah dan fleksibel waktunya. Anda juga bisa mengusulkan kepada atasan agar liburan besar berikutnya tidak harus bekerja lagi, bahkan bernegosiasi untuk mengganti hari libur dengan hari yang lainnya.

3. Merayakan di hari yang lain

Tidak bisa merayakan liburan tahun baru pada saatnya tak perlu Anda berkecil hati. Anda bisa merayakan pada hari yang lain, bisa hari sebelumnya atau sesuadahnya, terserah Anda pilih yang lebih menarik bagi Anda. Beri tahu kerabat dekat atau teman Anda untuk bisa maklum dengan rencana Anda ini, agar Anda tidak ditinggalkan mereka pada kesempatan yang lain.

4. Hindari media sosial

Untuk sementara waktu sebaiknya Anda menjauhi media sosial dahulu, seperti Facebook, Whatsapp yang biasanya Anda tergabung dalam banyak grup di kedua medsos tesebut. Tak banyak gunanya Anda mengetahui keadaan teman atau kerabat dekat yang sedang bergembira merayakan liburannya, kecuali hanya akan menambah buruk perasaan Anda. Lebih dari itu bisa jadi akan mengganggu konsentrasi kerja Anda.

5. Manjakan diri sejenak

Sedikit menghilangkan rasa terbelenggu kerja saat liburan, manjakan diri Anda sejenak. Misalnya saja dengan cara membeli barang, bisa baju, jaket atau sepatu yang sudah lama diidamkan namun belum sempat terealisasi sampai sekarang. Atau bisa juga dengan mengajak orang terkasih Anda makan bersama menyantap hidangan yang sedikit mewah yang juga belum sempat kesampaian hingga kini. Itu semua bisa menjadi hal yang istimewa bagi Anda pada kondisi tersebut sehingga bisa membuat Anda tetap semangat.

Nah, itulah 5 cara menjaga semangat ketika Anda harus tetap bekerja pada saat suasana liburan. Bagaimana, apakah Anda akan mengalaminya pada liburan akhir tahun ini? Lakukan hal tersebut untuk tetap semangat! 





Tidak ada komentar