Header Ads

home ads

Lakukan Olahraga yang Cukup Agar Bermanfaat, Begini Ukurannya




Banyak orang beranggapan olah raga itu baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya mereka sangat terobsesi untuk melakukannya, tak jarang sampai rela mengorbankan sebagian besar waktunya dalam sehari untuk terus melakukan latihan kekuatan tubuh. Memang tidak salah memiliki semangat yang tinggi untuk berolahraga sebagai upaya menjalani pola hidup sehat. Hanya saja perlu diingat, apakah boleh olahraga dilakukan tanpa batasan tertentu? Bagaimana ukuran olahraga yang cukup, tidak berlebihan dalam sehari agar memberi manfaat bagi tubuh, bukan malah sebaliknya justru membahayakan kesehatan?

Ukuran olahraga maksimal dalam sehari

Mempunyai aktivitas, seperti olah raga setiap hari memang bagus bagi tubuh agar tetap bugar. Anda sangat dianjurkan untuk bisa melakukannya. Namun, tentunya ada batasnya, berapa durasi olah raga yang boleh dilakukan seseorang dalam sehari? Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi, setidaknya 2 hal ini perlu Anda ketahui, yaitu : kekuatan daya tahan tubuh Anda sendiri dan jumlah nutrisi dan kalori yang Anda konsumsi.

Tubuh Anda tidak mempunyai daya tahan yang kuat dan jumlah energi yang cukup, tentu Anda tidak akan bisa berolahraga dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, jika Anda melakukan olahraga secara berlebihan sampai menghabiskan energi di dalam tubuh, bukannya bugar dan kuat yang akan Anda dapatkan, tetapi justru dapat membahayakan kesehatan Anda.

Dalam sehari, berapa lama boleh berolahraga ?

Jika ini mengacu pada kemampuan dari sistem kekebalan tubuh dan kondisi kesehatan seseorang, waktu latihan yang ideal untuk setiap orang harus berbeda. Namun, ada durasi saran dari latihan maksimal yang disepakati oleh berbagai lembaga kesehatan di dunia.

Seperti dilansir Mayo Clinic, dianjurkan bahwa semua orang dewasa untuk melakukan latihan fisik yang intensif, seperti berlari dan mengangkat beban, sebanyak 75 menit seminggu.

Untuk aktivitas fisik diklasifikasikan sebagai seperti berjalan dan berenang harus melakukan 150 menit seminggu atau 30 menit sehari. Setiap olahraga tidak selalu harus dilakukan dalam waktu pertemuan banyak.

Untuk memenuhi kebutuhan latihan fisik selama seminggu, Anda dapat membagi waktu latihan adalah 21 sampai 30 menit setiap hari. Cara latihan sebanyak kurang berat. Durasi latihan yang tidak terlalu lama, Anda masih mendapatkan manfaat maksimal.

Di sisi lain, sebenarnya Anda dapat memilih jenis latihan, dengan panggilan dan beradaptasi mereka untuk kegiatan sehari-hari.

Jika Anda malas untuk menjalankan 15 menit sehari, luangkan waktu untuk berenang tiga kali seminggu. Anda juga dapat berjalan setidaknya 20-25 menit setiap hari.

Ketika Anda terlalu banyak latihan?

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain memperkuat daya tahan sekaligus meningkatkan bentuk tubuh, olahraga juga membantu mengontrol stres dan emosi.

Bagi mereka yang merasakan manfaat olahraga, Anda mungkin merasa termotivasi untuk meningkatkan durasi. Hal ini tidak jarang bahwa banyak dari mereka juga cenderung berolahraga secara berlebihan.

Memang, tidak ada jumlah durasi maksimum latihan yang dapat digunakan sebagai patokan untuk menentukan apakah olahraga telah pasti melakukan terlalu banyak atau tidak.

Untuk atlet yang berolahraga hari penuh bisa menjadi hal yang normal, tetapi tidak untuk orang-orang biasa yang tidak atlet.

Satu hal yang pasti, olahraga mulai berlebihan dan tidak baik ketika tubuh tidak kuat, tapi masih sulit.

Tanda-tanda olahraga berlebihan

Kelelahan, dehidrasi, peningkatan denyut jantung, insomnia, kram otot, dan ketidakseimbangan hormon menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan energi. Hal ini karena jumlah energi yang dihabiskan terlalu berlebihan dibandingkan dengan jumlah energi yang dihasilkan dalam tubuh.

Dalam reaksi kimia tubuh, durasi olahraga yang berlebihan dijelaskan dengan secara drastis mengurangi jumlah glikogen untuk digunakan sebagai energi. Akibatnya, tubuh tidak lagi didorong oleh contoh, ketika olahraga mulai. Oleh karena itu, jangan biarkan tubuh melampaui batas untuk terus meningkatkan durasi latihan.

Dampak kesehatan dari olahraga yang berlebihan

Kelelahan dan dibuat dengan intensitas tinggi untuk hari risiko beberapa masalah kesehatan yang serius seperti:
  • Kardioksitas atau kerusakan pada otot jantung
  • penyakit ginjal
  • denyut jantung diubah

Oleh karena itu, lakukan olah raga dengan kapasitas latihan yang sesuai tubuh.




Tidak ada komentar