Header Ads

home ads

Ini yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Penuaan Dini

Proses penuaan sudah menjadi keniscayaan bagi setiap orang atau apapun yang sifatnya hidup, masalahnya hanya cepat atau lambat. Cepat tua atau penuaan dini bisa terjadi karena banyak faktor. Namun timbulnya keriput dan penuaan dini, penyebab yang dominan karena adanya radikal bebas dan terjadinya paparan sinar matahari yang secara terus-menerus atau berlebih. 




Banyak orang belum memahami, ada kebiasaan yang sering dilakukan ternyata bisa menyebabkan terjadinya keriput atau kerutan pada bagian tubuh tertentu, seperti di daerah sekitar mata, dahi, dan area sekitar ujung bibir. Oleh karenanya, beberapa kebiasaan yang kita anggap baik, misalnya perawatan kecantikan yang sering kita lakukan justru bisa menjadi penyebab utama munculnya kerutan sehingga wajah kita terlihat lebih cepat tua.

Tidak ingin mengalami penuaan dini, disarankan kepada Anda untuk menghindari atau setidaknya mengurangi 4 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan keriput pada tubuh Anda berikut ini.

1. Hindari penggunaan srub yang terlalu sering

Banyak yang berpikir bahwa membersihkan wajah secara teratur adalah langkah yang cukup tepat untuk mencegah jerawat dan menjaga wajah senantiasa bersih dari kotoran, debu dan sel-sel kulit mati. Biasanya, untuk memaksimalkan hasil, selalu menggunakan srub ketika mencuci wajahnya.

Menggosok dengan tekstur kasar umumnya lebih disukai karena memiliki daya bersih dan maksimum yang lebih baik. Ini adalah kebiasaan yang baik yang diterapkan secara tidak benar. Karena kenyataan Anda tidak harus selalu menggunakan pembersih ketika mencuci wajah Anda.

Menggunakan scrub mentah juga harus dihindari. Karena jika terlalu sering digunakan, terutama di beberapa daerah kulit yang tipis, tekstur kasar yang dapat meninggalkan luka kecil di permukaan kulit yang tidak sadar.

Luka-luka yang garis-garis halus terlihat dapat menyebabkan yang menjadi awal dari keriput. Sebagai tindakan pencegahan, seseorang dapat memilih penggunaan pengelupasan lembut atau menggantinya dengan bahan-bahan alami seperti baking soda dan air hangat.

2. Hindari kebiasaan mandi air hangat terlalu lama

Siapa yang tidak suka mandi dengan air panas? Apa lagi di pagi hari, maka mandi air hangat akan merasa sangat menyegarkan seluruh tubuh dan meningkatkan semangat pagi hari. Tapi sebaiknya jangan terbiasa mandi dengan air hangat terlalu sering.

Karena ketika mandi menggunakan air panas, bisa berdampak pada hilangnya lipid atau lapisan kulit. Akibatnya, kulit akan mengikis dan ramping sehingga mudah kering dan tidak mampu mempertahankan kelembaban dan elastisitas.

Jika ini terjadi, maka kulit Anda kering lebih mudah keriput adan keriput sehingga akan terlihat lebih tua lebih cepat. Jika Anda benar-benar mendesak untuk mandi dengan air hangat, sebaiknya Anda melakukan tidak lebih dari 10 menit.

3. Hindari kebiasaan gerakan berulang

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan menyipitkan mata mereka atau mengeryitkan bagian dahinya. Kadang-kadang hal ini tidak dapat dihindari oleh beberapa orang karena benar-benar sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk mencegahnya.

Seperti menyipitkan mata bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan, baik itu mata min, mata plus dan lain sebagainya. Mengernyitkan dahi atau bagian alis karena kebiasaan atau karakter bawaan. Semua hal ini secara tak sadar dapat menimbulkan kulit keriput secara lebih cepat.

Karena gerakan berulang pada satu daerah tertentu akan meninggalkan bekas sedikit demi sedikit sehingga lambat laun bekas yang terus menerus tersebut akan menjadi garis kerutan. Maka mulai ubah kebiasaan di atas jika anda adalah salah satu yang melakukanya.

4. Hindari penggunaan barber produk

Untuk beberapa orang, menggunakan produk penata rambut terkadang menjadi suatu hal wajib demi menjaga penampilan. Seperti anak sekolah, karyawan kantor, atau untuk keperluan lainnya. Tapi tahukah Anda, penggunaan produk penata rambut yang kurang hati-hati dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit Anda?

Ketika datang ke styling produk untuk rambut mengandung bahan kimia yang biasanya mengenai sekitar bagian tertentu dari kulit Anda, hal itu dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Karena bahan kimia ini dapat meresap ke dalam kulit dan menyumbat pori-pori, sehingga dapat memiliki efek buruk pada kulit. Seperti jerawat, kulit kering, atau iritasi. Dan masalah kulit kering adalah salah satu penyebab keriput.

Dengan informasi tentang empat kebiasaan penyebab penuaan dini ini, diharapkan Anda dapat melakukan langkah-langkah preventif. Untuk bantuan perawatan untuk kulit sehat, menjaga indah dan terlihat lebih muda lagi, hindari kebiasaan tersebut karena memiliki berbagai efek buruk pada kulit.




Tidak ada komentar